Menik-menik

MENDEKATI Ujian Nasional (UN), menurut Nina Ayu Ningsih, seolah persiapan untuk menghadapi peperangan. Pelajar kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen ini mengganggap, ujian adalah pertarungan untuk menginjakkan kaki di pendidikan selanjutnya. Gadis kelahiran 11 Agustus 1998 itu pun ingin mendapatkan hasil yang lebih dari memuaskan. ”Jadi, saya terus belajar dan les,” kata Nina.

Ya, demi sukses UN, selain belajar di sekolah dan mendapatkan pelajaran tambahan, dia juga masih menambah porsi belajarnya. Bahkan, setiap Senin dan Sabtu, Nina mengikut les. ”Mata pelajaran paling susah sampai sekarang, tetap matematika. Tapi, nanti harus bisa,” kata siswi jurusan administrasi perkantoran itu lalu tertawa.

Gadis yang hobi berenang tersebut berharap, dirinya bisa mendapatkan hasil memuaskan. Jadi, dia bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi untuk mengejar cita-citanya. ”Saya ingin menjadi sekretaris. Kalau memungkinkan, kuliah sambil kerja,” tukas Nina. Sebab, bagi dia, menjadi apa pun, seorang wanita harus cerdas dan bisa membuat bangga.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Neny Fitrin
Foto: Nina Ayu for Radar Malang