MALANG KOTA – Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) ITN Malang punya cara yang berbeda dalam merayakan HUT ke-72 Republik Indonesia (RI). Jika kebanyakan warga memilih menggelar berbagai lomba, para mahasiswa ini membuat lukisan mural gambar Bung Karno, Bung Hatta, dan Pancasila di tembok perumahan yang ada di Kelurahan Merjosari, Kota Malang.

Lukisan mural tersebut kini menghiasi tembok depan Balai RW 09 Joyogrand. ”Melalui gambar ini, kami ingin mengembalikan semangat kebinekaan di masyarakat,” ungkap Yosua Erik Prasetyo, ketua HMA ITN Malang.

Menurut dia, dipilihnya tokoh proklamator tersebut untuk mengenang jasanya. Sementara itu, Bung Hatta dipilih untuk memberikan semangat pada generasi muda untuk tetap menjaga kebinekaan.

Yosua, sapaan akrabnya, memilih Joyogrand karena lingkungan tersebut berbeda dan majemuk.

”Lingkungan di sini menggambarkan mini Indonesia. Yang mana kebanyakan dihuni oleh pendatang dari luar Kota Malang. Mereka datang dari berbagai daerah, bahkan luar Jawa. Di antaranya, Ambon, Madura, Kalimantan, Medan, Manado, dan banyak lagi,” ungkap mahasiswa asli Solo tersebut.

Menurut dia, gambar di dinding setinggi lima meter itu dikerjakan sejak Sabtu lalu (12/8). Di antara gambar Bung Karno dan Bung Hatta, ada gambar burung Garuda dan di bagian pojok bawah terdapat teks proklamasi dengan format mirip seperti aslinya.

Dia menyatakan, kegiatan ini melibatkan beberapa mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM) serta Karang Taruna Singho Songo. Yosua mengaku ini merupakan inisiatif dari HMA ITN Malang serta Ketua RW 09 Ir Suryo Triharjanto MT. Bahkan, dukungan warga sekitar cukup besar.

Terbukti, dana kegiatan berhasil dihimpun dari dana sukarela warga RW 09. Selain itu, warga pun menyumbang cat, tenaga, dan waktu.

Pewarta: Eviotantinanita
Penyunting: Kholid Amrullah
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Eviotantinanita