MALANG KOTA – Engon Animation Studio menjadi salah satu pendongkrak industri animasi di Kota Malang sejak berdirinya pada dua tahun lalu. Bertempat di Zona Neighbourhood, Sawojajar, studio animasi ini telah mampu membuat beberapa film animasi khususnya film pendek yang diawali dari sebuah keinginan Eeng Ahmadi (23), yang merupakan founder Engon untuk memiliki karya berstandar internasional.

“Selain kita fokus membuat film sendiri, kita juga menerima servis dari beberapa serial animasi yang sudah tayang di beberapa stasiun televisi lokal mapun international”, jelas pria lulusan SMKN 4 Malang ini.

Engon juga telah menerapakan adanya standart kerja yang menjadikan studio ini memiliki ciri khas dari segi produknya.

“Meskipun animasi adalah sebuah hiburan umum, kita masih berusaha menerapkan elemen-eleman (budaya) Indonesia dari bagaimana cara karakter dalam film berinteraksi. Seperti cara mereka bergerak dan berbicara meskipun kualitas kita masih memakai standart dari luar (negeri),” imbuh Eeng.

Pada saat ini ada 5 anggota yang bekerja di Engon dan 10 siswa magang dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang dan Batu. Selain itu, kontribusi terhadap Forum Animasi Malang (FAM) juga tetap berjalan demi mewujudkan adanya kurikulum animasi yang bisa diterapkan di studio-studio animasi Kota Malang.

Pewarta: Genemart Adrenal
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Genemart Adrenal