Mengapa Anjing Jadi Sahabat Terbaik Manusia? Nih Penjelasannya - JPNN.COM


jpnn.com, JAKARTA – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa anjing merupakan hewan peliharaan favorit banyak orang selain kucing?

Anjing yang memiliki sifat ramah ternyata berbagi kesamaan genetik tertentu dengan orang-orang yang terlahir dengan gangguan perkembangan yang kadang-kadang disebut sebagai “kebalikan dari autisme,” yang membuat mereka hiper sosial.

Laporan dalam jurnal Science Advances menunjukkan dua gen yang terkait dengan perilaku sosial ekstrim pada anjing ternyata ada juga pada orang-orang yang terlahir dengan Sindrom Williams-Beuren.

Orang dengan kondisi ini cenderung sangat ramah, suka berteman, empati, tertarik dengan kontak mata yang berkepanjangan, rentan terhadap kecemasan dan mungkin memiliki ketidakmampuan belajar ringan dan sedang serta memiliki gangguan intelektual.

Temuan ini menawarkan wawasan baru tentang bagaimana anjing menjadi peliharaan dan membuat perbedaan dari serigala sejak ribuan tahun yang lalu.

” Pernah diduga bahwa anjing domestikasi telah mengembangkan bentuk pengetahuan sosial mutakhir yang tidak dimiliki oleh serigala,” kata rekan penulis studi, Monique Udell, seperti dilansir lama India Times, Kamis (3/8).

Bukti terbaru menunjukkan bahwa anjing memiliki kondisi genetik yang bisa menyebabkan motivasi yang berlebihan untuk mencari kontak sosial dibandingkan dengan serigala.

Periset mempelajari 18 anjing piaraan dan 10 serigala abu-abu untuk melihat bagaimana perilaku mereka terhadap orang-orang disekitar mereka dan bagaimana mereka melakukan tugas pemecahan masalah.



Source link