MALANG KOTA – Menjelang senja, banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat Malang di lapangan rampal, terlebih khusus kawula muda.

Keramaian mulai terlihat di sekitar parkiran, juga lapangan basket dan lapangan sepakbola yang mulai terisi penuh dengan antusiasme warga sekitar yang ingin mengisi waktu luang di sore ini dengan berolahraga.

Tidak hanya basket dan sepakbola, terlihat beberapa orang yang sedang jogging atau bahkan hanya duduk-duduk santai. Tapi ada sesuatu yang unik di depan lapangan basket, beberapa pemuda yang sedang kewalahan melakukan pull-up di besi-besi yang tersedia.

BAR-RAMPAL, ya ini merupakan suatu komunitas olahraga streetworkout (latihan outdoor) yang ada di Malang.

Di sini teman-teman diajak untuk berolahraga yang terfokus untuk membentuk badan agar kekar dan tidak loyo dengan cara melakukan pull-up, situp, dan beberapa gerakan lainnya.

BAR-RAMPAL sendiri didominasi oleh mahasiswa, namun juga terbuka untuk umum, tua dan muda boleh ikut berolahraga bersama-sama. Tidak hanya di rampal, BAR-RAMPAL juga melakukan latihan rutin di Universitas Brawijaya (UB) pada hari Senin dan Jumat, serta di Universitas Negeri Malang (UM) pada hari selasa dan Rabu.

“Sebenarnya di sini biasanya ramai, namun karena ada acara, kedatangan RI1 maka hari ini tidak seramai biasanya”, tutur salah satu anggota BAR-RAMPAL, Tiar. “Biasanya sih ada mentornya yang ngasih arahan, tapi karena sekarang nggak datang jadi kita latihan bebas aja”, tambahnya.

Pewarta: Aldo Buntulobo
Foto: Aldo Buntulobo