Ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Homedecors Lovers tidak hanya berkutat dengan hobi mendekor rumah. Seiring berjalannya waktu, mereka juga menangkap hobi mereka sebagai peluang bisnis. Apalagi, kebanyakan bahan yang mereka gunakan adalah bahan daur ulang.

Bahan-bahan daur ulang itu mereka gunakan, misalnya, untuk membuat tempat isu, wallpaper ruangan, sarung bantal, dan seprei. Semuanya buatan sendiri. Biasanya, setelah membuat aneka barang, mereka mengunggahnya di Instagram, lalu banyak pengikut yang meyukai. Akhirnya, lambat laun pernak-pernik itu dijual.

Ketua Komunitas Homedekors Lovers Cabang Malang Ayu Choirun Febriyanti menyatakan, dengan pelatihan sebulan sekali, hal ini mampu mendongkrak perekonomian ibu rumah tangga. ”Jadi, udah rumah bagus dan nyaman, bisnis tetap jalan,” katanya.

Selain itu, katanya, para suami tak keberatan jika istrinya bergabung dengan komunitas ini. Sebab, menurutnya, komunitas ini memang memiliki peraturan dilarang bergosip. Yang diprioritaskan adalah pelatihan dan pengembangan diri, bagaimana caranya membingkai rumah sebagus-bagusnya.

”Ini juga membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Pewarta: Dian Kristiana
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono