Ceerinda Macro Jingga sangat senang backpacker-an.

Bisa keliling Indonesia, apalagi sampai ke luar negeri dengan biaya seminim mungkin, menjadi tantangan hebat bagi Ceerinda Macro Jingga. Ya, sejak masuk bangku kuliah hingga menamatkan S-1 Teknik Informatika Universitas Brawijaya (UB), dia memang sangat hobi dengan yang namanya backpacker-an. ”Bagi saya, backpacker itu keren!” ungkapnya.

Berawal dari cita-citanya ingin keliling dunia dengan jerih payahnya sendiri, Ceeri, sapaan akrab Ceerinda Macro Jingga, sering mengambil kerja part time. Oleh karena hasil dari kerja sampingannya tidak begitu banyak, dia pun harus menata anggaran untuk memuluskan hobinya itu. ”Selain memikirkan rute perjalanan, kita juga harus menghitung estimasi biaya sehemat mungkin,” terangnya.

Biasanya, perencanaan tersebut dilakukan Ceeri bersama sahabatnya. Sembari bersantai di tepi pantai, dia merancang destinasi wisata dan negara mana yang akan dikunjungi. Untuk lokal, Jogjakarta dan Bali menjadi tempat favoritnya.

Sementara itu, di luar negeri, dia mengaku pernah backpacker-an ke Korea Selatan (Korsel). ”Butuh waktu tiga bulan untuk menyiapkan semuanya,” terang gadis kelahiran 2 November 1992 itu. ”Ke depan, saya ingin melancong ke Eropa, mungkin Paris,” tukas dia. (map/c3/nen)

Pewarta:masrur adi
Penyunting: Neny Fitrin
Foto: Ceerinda M.for Radar Malang